Jumat, 22 Januari 2016

PERENCANAAN DAN STRATEGI BERBELANJA DI PARIS

PERENCANAAN DAN STRATEGI BERBELANJA DI PARIS


Paris adalah tempat belanja paling menyenangkan di Eropa karena banyaknya pilihan tempat berbelanja maupun barang yang ditawarkan mulai dari pasar barang antik yang menawarkan busana vintage, maupun di butik mewah dan mal supermegah yang menjual item rancangan desainer ternama. Sebelum melaukan retail therapy di kota yang menawan simak dulu tips berikut.



Perencanaan 


Printemps

Paris memiliki berbagai destinasi belanja dengan target pasar yang berbeda—beda, sehingga pastikan untuk mencari tahu dulu tempat-tempat yang ingin dikunjungi sesuai jenis barang yang diinginkan. Misalnya, bagi yang ingin berburu karya desainer ternama, dapat menuju department store megah, seperti Printemps, Le Bon Marché, dan Galeries Lafayette. Sementara busana vintage dan merek-merek asal Perancis, seperti Maje, Sandro, dan Manoush, tersedia di Rue Vieille du Temple. Selain itu. ketika tiba di tujuan, perlu diingat bahwa tempat-tempat yang ingin dikunjungi belum tentu masih beroperasi, berhubung banyak butik baru bermunculan di Paris tiap tahunnya.


Berhadapan dengan Pramuniaga Perancis telah lama memiliki reputasi kurang baik dalam hal berkomunikasi dalam bahasa Inggris, serta pelayan dan pemilik toko yang tak ramah. Walau beberapa tahun belakangan hal ini hal tersebut terus ditingkatkan, namun jangan segera terintimidasi bila mengalami hal tersebut. Tetap tenang dan fokus pada tujuan. Bila barang yang diinginkan tidak layak dibeli atau tak terlalu diinginkan, segera tinggalkan toko. Ucapkan “bonjour” saat memasuki toko dan “au revoir” saat meninggalkannya, yang telah menjadi tata krama standar di Perancis.



Memanfaatkan Diskon 


Rue Vieille du Temple

Selama Januari hingga Februari serta Juni hingga Juli, Wisatawan dapat menikmati berbagai potongan harga di toko-toko bergengsi di Paris. Cari tahu jam khusus diskon di toko yang ingin dikunjungi, karena biasanya potongan harga tersedia di luar jam operasional. Pastikan juga mencari tahu ukuran pakaian yang digunakan. Mayoritas wanita Perancis memiliki tubuh ramping dengan ukuran 36 atau 38, sehingga pemilik tubuh dengan ukuran lebih dari 40 mesti bersabar menyusuri rak demi rak. Minggu adalah hari libur di Paris, dan satu-satunya jalan utama dengan deretan toko yang masih beroperasi adalah di Rue Vieille du Temple. Menjelang berakhirnya bulan diskon, toko—toko biasanya menawarkan diskon lebih besar, sehingga antrean mengular dan perlu datang lebih awal.


Kartu Diskon & Pengembalian Pajak 


Galeries Lafayette

Bila tinggal di Paris agal lama, mintalah carte de Iidelité atau kartu diskon, yang otomatis didapat setiap pembelanjaan dalam jumlah tertentu agar dapat menikmati diskon di pembelian berikutnya. Di department store, seperti Printemps dan Galeries Lafayette, warga non-Eropa dapat menikmati kartu diskon 10 persen setiap bulan—bulan diskon. Sementara pengembalian pajak dapat dinikmati bila telah menghabiskan lebih dari 175 euro di satu toko (dalam satu struk). Department store di Paris menawarkan pengembalian pajak 12 persen, sementara toko-toko kecil antara 13 hingga 15 persen. Jadi, bila ingin berbelanja banyak jenis barang, lebih bajk menuju department store, sementara bila ingin berbelanja satu jenis barang dalam jumlah besar, toko—toko kecil dapat dijadikan pilihan untuk mendapatkan persentase pengembalian pajak yang lebih besar.


Artikel Menarik Lainnya:

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar